Jumat, 03 Mei 2013

ANJURAN MENIKAH

MENIKAHLAH..
PENELITIAN KUALITAS SANAD DAN MATN HADIS
فمن رغب عن سنتي فليس مني
A.    Pelacakan Awal Melalui Mu’jam Mufahras
Hadisلكني أنا اصلي، و أنا م، و اصوم، وافطرو، واتزوج النساء، رغب عن سنتي فليس منيketika dilacak dengan menggunakan beberapa kata kunci ditemukan sebagai berikut:
1.      رغب
فمن رغب عن سنتي فليس مني
ج نكاح 1
م نكاح 5
ن نكاح 4
دى نكاح 3
حم 2،158، 3،241، 359، 385، 5، 49

2.      لكني، اصلي، انام، افترو، تزوخ، النساء، فمن، سنتي، فليس، مني tidak ditemukan petunjuk yang  sesuai dengan hadis لكني أنا اصلي، و أنا م، و اصوم، وافطرو، واتزوج النساء، رغب عن سنتي فليس مني.

B.     Hasil Pencarian di Kitab Hadis

Dari hasil pelacakan awal ditemukan petunjuk bahwa hadis ini berada pada 5 kitab hadis dari kumpulan kitab hadis yaitu Bukhari, Muslim, Addarimi, Nasai dan Ahmad bin Hanbal. Dan dari hasil pencarian yang ditemukan ialah sebagai berikut:
1.      Shahih Bukhari
- حَدَّثَنَا سَعِيدُ بْنُ أَبِي مَرْيَمَ أَخْبَرَنَا مُحَمَّدُ بْنُ جَعْفَرٍ أَخْبَرَنَا حُمَيْدُ بْنُ أَبِي حُمَيْدٍ الطَّوِيلُ أَنَّهُ سَمِعَ أَنَسَ بْنَ مَالِكٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ يَقُولُ
جَاءَ ثَلَاثَةُ رَهْطٍ إِلَى بُيُوتِ أَزْوَاجِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَسْأَلُونَ عَنْ عِبَادَةِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَلَمَّا أُخْبِرُوا كَأَنَّهُمْ تَقَالُّوهَا فَقَالُوا وَأَيْنَ نَحْنُ مِنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَدْ غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ وَمَا تَأَخَّرَ قَالَ أَحَدُهُمْ أَمَّا أَنَا فَإِنِّي أُصَلِّي اللَّيْلَ أَبَدًا وَقَالَ آخَرُ أَنَا أَصُومُ الدَّهْرَ وَلَا أُفْطِرُ وَقَالَ آخَرُ أَنَا أَعْتَزِلُ النِّسَاءَ فَلَا أَتَزَوَّجُ أَبَدًا فَجَاءَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِلَيْهِمْ فَقَالَ أَنْتُمْ الَّذِينَ قُلْتُمْ كَذَا وَكَذَا أَمَا وَاللَّهِ إِنِّي لَأَخْشَاكُمْ لِلَّهِ وَأَتْقَاكُمْ لَهُ لَكِنِّي أَصُومُ وَأُفْطِرُ وَأُصَلِّي وَأَرْقُدُ وَأَتَزَوَّجُ النِّسَاءَ فَمَنْ رَغِبَ عَنْ سُنَّتِي فَلَيْسَ مِنِّي[1]


2.      Shahih Muslim
و حَدَّثَنِي أَبُو بَكْرِ بْنُ نَافِعٍ الْعَبْدِيُّ حَدَّثَنَا بَهْزٌ حَدَّثَنَا حَمَّادُ بْنُ سَلَمَةَ عَنْ ثَابِتٍ عَنْ أَنَسٍ
أَنَّ نَفَرًا مِنْ أَصْحَابِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ سَأَلُوا أَزْوَاجَ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَنْ عَمَلِهِ فِي السِّرِّ فَقَالَ بَعْضُهُمْ لَا أَتَزَوَّجُ النِّسَاءَ وَقَالَ بَعْضُهُمْ لَا آكُلُ اللَّحْمَ وَقَالَ بَعْضُهُمْ لَا أَنَامُ عَلَى فِرَاشٍ فَحَمِدَ اللَّهَ وَأَثْنَى عَلَيْهِ فَقَالَ مَا بَالُ أَقْوَامٍ قَالُوا كَذَا وَكَذَا لَكِنِّي أُصَلِّي وَأَنَامُ وَأَصُومُ وَأُفْطِرُ وَأَتَزَوَّجُ النِّسَاءَ فَمَنْ رَغِبَ عَنْ سُنَّتِي فَلَيْسَ مِنِّي[2]
                              
3.      Sunan Nasai
أَخْبَرَنَا إِسْحَقُ بْنُ إِبْرَاهِيمَ قَالَ أَنْبَأَنَا عَفَّانُ قَالَ حَدَّثَنَا حَمَّادُ بْنُ سَلَمَةَ عَنْ ثَابِتٍ عَنْ أَنَسٍ
أَنَّ نَفَرًا مِنْ أَصْحَابِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ بَعْضُهُمْ لَا أَتَزَوَّجُ النِّسَاءَ وَقَالَ بَعْضُهُمْ لَا آكُلُ اللَّحْمَ وَقَالَ بَعْضُهُمْ لَا أَنَامُ عَلَى فِرَاشٍ وَقَالَ بَعْضُهُمْ أَصُومُ فَلَا أُفْطِرُ فَبَلَغَ ذَلِكَ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَحَمِدَ اللَّهَ وَأَثْنَى عَلَيْهِ ثُمَّ قَالَ مَا بَالُ أَقْوَامٍ يَقُولُونَ كَذَا وَكَذَا لَكِنِّي أُصَلِّي وَأَنَامُ وَأَصُومُ وَأُفْطِرُ وَأَتَزَوَّجُ النِّسَاءَ فَمَنْ رَغِبَ عَنْ سُنَّتِي فَلَيْسَ مِنِّي[3]


4.      Sunan Addarimi
أَخْبَرَنَا مُحَمَّدُ بْنُ يَزِيدَ الْحِزَامِىُّ حَدَّثَنَا يُونُسُ بْنُ بُكَيْرٍ قَالَ حَدَّثَنِى ابْنُ إِسْحَاقَ قَالَ حَدَّثَنِى الزُّهْرِىُّ عَنْ سَعِيدِ بْنِ الْمُسَيَّبِ عَنْ سَعْدِ بْنِ أَبِى وَقَّاصٍ قَالَ : لَمَّا كَانَ مِنْ أَمْرِ عُثْمَانَ بْنِ مَظْعُونٍ الَّذِى كَانَ مِنْ تَرْكِ النِّسَاءِ بَعَثَ إِلَيْهِ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- فَقَالَ :« يَا عُثْمَانُ إِنِّى لَمْ أُومَرْ بِالرَّهْبَانِيَّةِ ، أَرَغِبْتَ عَنْ سُنَّتِى؟ ». قَالَ : لاَ يَا رَسُولَ اللَّهِ. قَالَ :« إِنَّ مِنْ سُنَّتِى أَنْ أُصَلِّىَ وَأَنَامَ ، وَأَصُومَ وَأَطْعَمَ ، وَأَنْكِحَ وَأُطَلِّقَ ، فَمَنْ رَغِبَ عَنْ سُنَّتِى فَلَيْسَ مِنِّى ، يَا عُثْمَانُ إِنَّ لأَهْلِكَ عَلَيْكَ حَقًّا وَلِعَيْنِكَ عَلَيْكَ حَقًّا ». قَالَ سَعْدٌ : فَوَاللَّهِ لَقَدْ كَانَ أَجْمَعَ رِجَالٌ مِنَ الْمُسْلِمِينَ عَلَى أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- إِنْ هُوَ أَقَرَّ عُثْمَانَ عَلَى مَا هُوَ عَلَيْهِ أَنْ نَخْتَصِىَ فَنَتَبَتَّلَ[4]
5.      Musnad Ahmad bin Hanbal
حَدَّثَنَا مُؤَمَّلٌ حَدَّثَنَا حَمَّادٌ حَدَّثَنَا ثَابِتٌ عَنْ أَنَسٍ
أَنَّ نَفَرًا مِنْ أَصْحَابِ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ بَعْضُهُمْ لَا أَتَزَوَّجُ وَقَالَ بَعْضُهُمْ أُصَلِّي وَلَا أَنَامُ وَقَالَ بَعْضُهُمْ أَصُومُ وَلَا أُفْطِرُ فَبَلَغَ ذَلِكَ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالَ مَا بَالُ أَقْوَامٍ قَالُوا كَذَا وَكَذَا لَكِنِّي أَصُومُ وَأُفْطِرُ وَأُصَلِّي وَأَنَامُ وَأَتَزَوَّجُ النِّسَاءَ فَمَنْ رَغِبَ عَنْ سُنَّتِي فَلَيْسَ مِنِّي[5]
                          



.
C.    PelacakanMelaluiKitabRijal
Annasai[6]
الاسم : أحمد بن شعيب بن على بن سنان بن بحر بن دينار ، أبو عبد الرحمن النسائى
 ( صاحب كتاب " السنن " )
المولد :  215 هـ بـ نساء
الطبقة :  .
الوفاة :  303 هـ بـ فلسطين ، و قيل : مكة
روى له :  .
رتبته عند ابن حجر :  الحافظ صاحب السنن
رتبته عند الذهبي :  . . . .
Guru
قال المزي في تهذيب الكمال  :

 سمع بخراسان ، و العراق ، و الحجاز ، و مصر ، و الشام ، و الجزيرة من جماعة
يطول ذكرهم ، قد ذكرنا رواياته عنهم فى تراجمهم من كتابنا هذا .

 و روى القراءة عن أحمد بن نصر النيسابورى المقرىء ، و أبى شعيب صالح بن زياد
السوسى .
Murid
إبراهيم بن إسحاق بن إبراهيم بن يعقوب بن يوسف الإسكندرانى
أبو إسحاق إبراهيم بن محمد بن صالح بن سنان القرشى الدمشقى
أبو العباس أبيض بن محمد بن الحارث بن أبيض القرشى الفهرى المصرى
أحمد بن إبراهيم بن محمد بن أشهب بن عبد العزيز القيسى العامرى

Ishaq bin Ibrahim[7]
الاسم : إسحاق بن إبراهيم بن مخلد بن إبراهيم بن مطر الحنظلى ، أبو محمد و أبو يعقوب ، المعروف بابن راهويه المروزى ( نزيل نيسابور )
المولد :  166 هـ
الطبقة :  10 : كبارالآخذين عن تبع الأتباع ?
الوفاة :  238 هـ بـ نيسابور
روى له :  خ م د ت س  ( البخاري - مسلم - أبو داود - الترمذي - النسائي )
رتبته عند ابن حجر :  ثقة حافظ مجتهد
رتبته عند الذهبي :  الإمام ، عالم خراسان


Guru
عفان بن مسلم ( س )
على بن الحسين بن واقد ( بخ س )
أبى داود عمر بن سعد الحفرى ( م س )
عمر بن عبد الواحد الدمشقى ( س )
عمر بن عبيد الطنافسى ( س )
Murid
البخارى
مسلم
أبو داود
الترمذى
النسائى


Affan[8]
الاسم : عفان بن مسلم بن عبد الله الباهلى ، أبو عثمان الصفار البصرى ، مولى عزرة بن ثابت الأنصارى ( سكن بغداد )
الطبقة :  10 : كبارالآخذين عن تبع الأتباع
الوفاة :  بعد 219 هـ بـ بغداد
روى له :  خ م د ت س ق  ( البخاري - مسلم - أبو داود - الترمذي - النسائي - ابن ماجه )
رتبته عند ابن حجر :  ثقة ثبت ، و ربما وهم ، قال ابن معين : أنكرناه فى صفر سنة تسع عشرة
رتبته عند الذهبي :  الحافظ ، و كان ثبت فى أحكام الجرح و التعديل

Murid
البخارى
إبراهيم بن إسحاق الحربى
إبراهيم بن الحسين بن ديزيل الهمذانى الكسائى
إبراهيم بن مرزوق البصرى
إبراهيم بن يعقوب الجوزجانى ( س )

Guru
حماد بن سلمة ( م د ت س ق )
داود بن أبى الفرات ( خ )
ديلم بن غزوان ( ق )
سكين بن عبد العزيز ( د )
سليم بن حيان ( م )

Hammad bin Salamah[9]
الاسم : حماد بن سلمة بن دينار البصرى ، أبو سلمة بن أبى صخرة ، مولى ربيعة بن مالك بن حنظلة من بنى تميم ، و يقال مولى قريش
الطبقة :  8  : من الوسطى من أتباع التابعين
الوفاة :  167 هـ
روى له :  خت م د ت س ق  ( البخاري تعليقا - مسلم - أبو داود - الترمذي - النسائي - ابن ماجه )
رتبته عند ابن حجر :  ثقة عابد أثبت الناس فى ثابت ، و تغير حفظه بأخرة
رتبته عند الذهبي :  الإمام ، أحد الأعلام ، . . . ، هو ثقة صدوق يغلط و ليس فى قوة مالك

Murid
عفان بن مسلم ( م د ت س ق )
عمرو بن خالد الحرانى ( عخ )
عمرو بن عاصم الكلابى ( ت س ق )
عمرو بن مرزوق
العلاء بن عبد الجبار ( سى )
Guru
ثابت البنانى( خت م د ت س ق )
ثمامة بن عبد الله بن أنس بن مالك ( د س )
جبر بن حبيب ( ق )
جبلة بن عطية ( س )
الجعد أبى عثمان

Tsabit[10]
الاسم : ثابت بن أسلم البنانى ، أبو محمد البصرى
الطبقة :  4  : طبقة تلى الوسطى من التابعين
الوفاة :  100 و بضع و عشرون هـ
روى له :  خ م د ت س ق  ( البخاري - مسلم - أبو داود - الترمذي - النسائي - ابن ماجه )
رتبته عند ابن حجر :  ثقة عابد
رتبته عند الذهبي :  كان رأسا فى العلم و العمل

Murid
حماد بن الجعد الهذلى
حماد بن زيد ( خ م د ت س ق )
حماد بن سلمة ( خت م د ت س ق )
حماد بن يحيى الأبح ( ت )
حميد الطويل ( خ م د ت س )

Guru
أنس بن مالك ( خ م د ت س ق )
بكر بن عبد الله المزنى ( ق )
الجارود بن أبى سبرة الهذلى ( ت )
حبيب بن أبى سبيعة الضبعى ( سى )
سليمان الهاشمى ( س ) ، مولى الحسن بن على بن أبى طالب
              

Annas bin Malik[11]
الاسم : أنس بن مالك بن النضر بن ضمضم بن زيد بن حرام بن جندب بن عامر بن غنم بن عدى بن النجار الأنصارى النجارى ، أبو حمزة المدنى
الطبقة :  1 : صحابى
الوفاة :  92 هـ و قيل 93 هـ
روى له :  خ م د ت س ق  ( البخاري - مسلم - أبو داود - الترمذي - النسائي - ابن ماجه )
رتبته عند ابن حجر :  صحابى
رتبته عند الذهبي :  صحابى
                  
Guru
النبى صلى الله عليه وسلم ( خ م د ت س ق )
أبى بن كعب ( خ س ق )
أسيد بن حضير ( خ م ت س )
ثابت بن قيس بن شماس ( خ )
جرير بن عبد الله البجلى ( خ م )
Murid
بكير بن وهب الجزرى ( س )
بلال بن مرداس الفزارى ( د ت ق )
بيان بن بشر أبو بشر الأحمسى ( خ ت س )
توبة العنبرى ( د )
ثابت البنانى ( خ م د ت س ق )




Annasai
رتبته عند ابن حجر :  الحافظ صاحب السنن
رتبته عند الذهبي :  . . . .

Ishaq bin Ibrahim
 رتبته عند ابن حجر :  ثقة حافظ مجتهد
رتبته عند الذهبي :  الإمام ، عالم خراسان

Affan
رتبته عند ابن حجر :  ثقة ثبت ، و ربما وهم ، قال ابن معين : أنكرناه فى صفر سنة تسع عشرة
رتبته عند الذهبي :  الحافظ ، و كان ثبت فى أحكام الجرح و التعديل

Hammad bin Salamah
رتبته عند ابن حجر :  ثقة عابد أثبت الناس فى ثابت ، و تغير حفظه بأخرة
رتبته عند الذهبي :  الإمام ، أحد الأعلام ، . . . ، هو ثقة صدوق يغلط و ليس فى قوة مالك
                  
Tsabit
رتبته عند ابن حجر :  ثقة عابد
رتبته عند الذهبي :  كان رأسا فى العلم و العمل
                                                                      
Annas bin Malik
رتبته عند ابن حجر :  صحابى
رتبته عند الذهبي :  صحابى
BerdasarkanpenilaianIbnuHajardanAzzahabitentangparaperawi, makabisadipastikansanaddarihadisinishahih.

D.      KritikMatn
Setelah dilakukan penelusuran matn dari beberapa kitab hadis yang memuat hadis ini, maka ditemukan ada beberapa perbedaan redaksi antara satu ktab dan kitab yang lainnya, yakni:

1.      Bukhari
Diriwayatkan dari Annas bin Malik r.a. Tiga orang laki-laki berkunjung kerumah istri-istri Nabi saw menanyakan bagaimana (kualitas) Nabi saw dalam beribadah kepada Allah. Ketika mereka diberitahu akan hal itu, mereka merasa ibadah yang selama ini mereka lakukan sangat tidak memadai dan berkata, “begitu jauhnya kita dari Nabi saw yang dosa masa lampau dan masa depannya telah diampuni Allah”. Lalu salas seorang dari mereka berkata, “aku akan mengerjakan shalat sepanjang malam”, yang lain berkata, “aku akan berpuasa sepanjang tahun”, dan yang lainnya lagi berkata “aku tidak akan menikah seumur hidupku”, Rasulullah saw menemui mereka dan berkata, “apakah kalian orang-orang yang berkata ini dan itu? Demi Allah aku lebih takut dan tunduk kepada Allah daripada kalian. Tetapi aku berpuasa dan berbuka, shalat dan tidur, dan menikahi perempuan. Maka, barang siapa yang membenci sunnahku, maka ia tidak termasuk golonganku”[12]

2.      Muslim
Bersumber dari Annas (bin Malik) r.a bahwa ada beberapa orang sahabat Nabi saw bertanya kepada istri-istri Nabi saw mengenai apa yang beliau lakukan secara diam-diam. Mendengar jawaban dari para istri beliau, maka kemudian sebagian diantara mereka ada yang menyatakan, “(kalau begitu) saya tidak akan menikah”, sebagian yang lain menyatakan “(kalau begitu) saya tidak mau makan daging”, sebagian yang lain (lagi) menegaskan “(kalau begitu) saya tidak akan tidur dengan memakai kasur”. Mendengar tiga pernyataan tersebut, lalu Rasulullah memuji Allah dan menyanjung-Nya kemudian bersabda, “apa sih maunya beberapa sahabat itu dengan beberapa pernyataan tadi? Sejatinya aku disamping mengerjakan shalat (malam) juga tidur, disamping berpuasa aku juga berbuka, dan aku juga kawin. Maka barangsiapa yang tidak suka dengan sunnahku, maka dia tidak termasuk golonganku”[13]

3.      Annasai
Dari Annas ra berkata: “diantara sahabat ada yang berkata: “aku tidak akan menikah”, sebagian dari merek berkata: “aku tidak akan makan daging”, dan ada pula yang berkata: “aku tidak mau tidur diatas tempat tidur”, dan adapula yang berkata: “aku akan terus berpuasa dan tidak akan berbuka”, maka ketika hal itu disampaikan kepada Rasulullah saw, beliau mengawali khotbahnya dengan memanjatkan puji kepada Allah. Selanjutnya beliau bersabda: “mengapa sebagian orang ada yang berkata begini dan begini?, sedangkan aku sendiri disamping mengerjakan shalat aku juga tidur, disamping aku berpuasa akupun berbuka dan menikahi wanita-wanita. Siapa yang tidak senang pada sunnahku, maka bukanlah ia temasuk dalam golonganku”[14]

Dari beberapa terjemah diatas dapat dilihat bahwa ada beberapa perbedaan baik dari susunan kata maupun redaksi yang digunakan para perawi. Namun meskipun ada perbedaan susunan kata maupun redaksi, makna yang terkandung didalamnya menunjukkan hal yang sama. Perbedaan lafaz dan susunan kata yang diriwayatkan oleh beberapa perawi ini menunjukkan bahwa hadis ini diriwayatkan berupa maknawi/substansi (isi kandungan) dari apa yang diriwayatkan bukan berupa lafaz sehingga tidak mengapa terjadi perbedaan redaksi.
Dilihat dari sisi sanad pun hadis ini dinilai shahih dan tidak bertentangan dengan segala kriteria yang ditentukan oleh ktirik matn, sehingga hadis ini bisa dinilai shahih dari segi sanad maupun matnnya.

E.     Kesimpulan
Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh penulis mengenai hadis فمن رغب عن سنتي فليس مني , penulis menyimpulkan bahwa sanad maupun matn dari hadis ini shahih dan periwayatannya berupa maknawi.


DAFTAR PUSTAKA

Al Syaibany,Ahmad bin Muhammad Ibn Hanbal, Musnad Ahmad bin Hanbal, (Darul Fikr:Beirut, 1994), jilid 4
Albukhari, Abu Abdullah Muhammad ibn Ismail ibn Ibrahim ibn Almughirah ibn Bardizbah Aljufi , Shahih Bukhari, (Beirut:Darul Fikr, 1992) h.142 jilid 3
Annaisaburi,Abi Alhusaini Muslim bin Hajjaj Alqusyairi,Shahih Muslim , (Beirut:Darul Fikr, 1992), jilid 1
Annasai,Ahmad bin Syuaib bin Ali bin Sinan bin Bahr bin Dinar Abu Abd Rahman, Sunan Annasai, (Beirut:Darul Fikr,tth), jilid 2
Annasai,Imam Terjemah Sunan Annasai, (Semarang:CV Asy Syifa, 1993)
Asqalani,Ahmad ibn Ali ibnHajar,TahzibutTahzibjilid 1, (Beirut:DarulFiqr, 1995)
Asqalani,Ahmad ibn Ali ibnHajar,TahzibutTahzibjilid 2, (Beirut:DarulFiqr, 1995)
Asqalani,Ahmad ibn Ali ibnHajar,TahzibutTahzibjilid 5, (Beirut:DarulFiqr, 1995)
Azzabidi,Imam,  Ringkasan Shahih Bukhari, (Bandung:Mizan, 1997)
ibn Al Fadhl ibn Bahram Ibn Abdis Shamad,Abdurrahman ibn Abdirrahman,Sunan Addarimi, (Beirut:Darul Fikr, tth), jilid 5-6
Nashiruddin Albani,Muhammad,  Ringkasan Shahih Muslim, (Jakarta:Pustaka Sunnah, 2009)



[1]Abu Abdullah Muhammad ibn Ismail ibn Ibrahim ibn Almughirah ibn Bardizbah Aljufi Albukhari, Shahih Bukhari, (Beirut:Darul Fikr, 1992) h.142 jilid 3
[2]AbiAlhusaini Muslim bin HajjajAlqusyairiAnnaisaburi,  Shahih Muslim , (Beirut:Darul Fikr, 1992), h. 639 jilid 1
[3]Ahmad bin Syuaib bin Ali bin Sinan bin Bahr bin Dinar Abu Abd Rahman Annasai, Sunan Annasai, (Beirut:Darul Fikr,tth), h. 59-60 jilid 5-6
[4]Abdurrahman ibn Abdirrahman ibn Al Fadhl ibn Bahram Ibn Abdis Shamad, Sunan Addarimi, (Beirut:Darul Fikr,tth ) h. 132 jilid 2
[5]Ahmad bin Muhammad Ibn Hanbal Al Syaibany, Musnad Ahmad bin Hanbal, (Darul Fikr:Beirut, 1994), h. 481 jilid 4
[6] Ahmad ibn Ali ibnHajarAsqalani, TahzibutTahzibjilid 1, (Beirut:DarulFiqr, 1995), h. 67
Ahmad ibn Ali ibnHajarAsqalani, TaqributTahzibjilid 1 no. 51, (Beirut:DarulFiqr, 1995), h. 15
[7]Ahmad ibn Ali ibnHajarAsqalani, TahzibutTahzibjilid 1, h. 235
Ahmad ibn Ali ibnHajarAsqalani, TaqributTahzibjilid 1 no. 358, h. 40
[8]Ahmad ibn Ali ibnHajarAsqalani, TahzibutTahzibjilid 5,(Beirut:DarulFiqr, 1995), h. 596                     
Ahmad ibn Ali ibnHajarAsqalani, TaqributTahzibjilid 1 no. 4764, h. 404
[9]Ahmad ibn Ali ibnHajarAsqalani, TahzibutTahzibjilid 2, (Beirut:DarulFiqr, 1995), h. 423
Ahmad ibn Ali ibnHajarAsqalani, TaqributTahzibjilid 1 no. 1558, h. 138
[10]Ahmad ibn Ali ibnHajarAsqalani, TahzibutTahzibjilid1, h. 546
Ahmad ibn Ali ibnHajarAsqalani, TaqributTahzibjilid 1 no. 853, h. 80
[11] Ahmad ibn Ali ibnHajarAsqalani, TahzibutTahzibjilid 1, h. 390
Ahmad ibn Ali ibnHajarAsqalani, TaqributTahzibjilid 1 no. 607, h. 60
[12]Imam Azzabidi, Ringkasan Shahih Bukhari, (Bandung:Mizan, 1997), h. 783
[13]Muhammad Nashiruddin Albani, Ringkasan Shahih Muslim, (Jakarta:Pustaka Sunnah, 2009), h. 510
[14]Imam  Annasai, Terjemah Sunan Annasai, (Semarang:CV Asy Syifa, 1993), h. 448

2 komentar:

  1. yang meolah makalah monggo diamalkan ilmu.a. xixixiixix

    BalasHapus
  2. share sama yang udah ada rencana n udah bilang ama bokap kalo ada yg disuka,,, gkgkg

    BalasHapus