MENIKAHLAH..
PENELITIAN KUALITAS SANAD DAN MATN HADIS
فمن رغب عن سنتي فليس مني
A. Pelacakan Awal Melalui Mu’jam Mufahras
Hadisلكني
أنا اصلي، و أنا م، و اصوم، وافطرو، واتزوج النساء، رغب عن سنتي فليس منيketika dilacak dengan menggunakan beberapa
kata kunci ditemukan sebagai berikut:
1. رغب
فمن رغب عن سنتي فليس مني
ج نكاح 1
م نكاح 5
ن نكاح 4
دى نكاح 3
حم 2،158، 3،241، 359، 385، 5، 49
2. لكني، اصلي، انام، افترو، تزوخ، النساء، فمن،
سنتي، فليس، مني tidak ditemukan petunjuk yang sesuai
dengan hadis لكني
أنا اصلي، و أنا م، و اصوم، وافطرو، واتزوج النساء، رغب عن سنتي فليس مني.
B. Hasil Pencarian di Kitab Hadis
Dari hasil pelacakan awal ditemukan petunjuk
bahwa hadis ini berada pada 5 kitab hadis dari kumpulan kitab hadis yaitu
Bukhari, Muslim, Addarimi, Nasai dan Ahmad bin Hanbal. Dan dari hasil pencarian
yang ditemukan ialah sebagai berikut:
1. Shahih Bukhari
- حَدَّثَنَا سَعِيدُ بْنُ أَبِي مَرْيَمَ أَخْبَرَنَا مُحَمَّدُ
بْنُ جَعْفَرٍ أَخْبَرَنَا حُمَيْدُ بْنُ أَبِي حُمَيْدٍ الطَّوِيلُ أَنَّهُ
سَمِعَ أَنَسَ بْنَ مَالِكٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ يَقُولُ
جَاءَ
ثَلَاثَةُ رَهْطٍ إِلَى بُيُوتِ أَزْوَاجِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ
وَسَلَّمَ يَسْأَلُونَ عَنْ عِبَادَةِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ
وَسَلَّمَ فَلَمَّا أُخْبِرُوا كَأَنَّهُمْ تَقَالُّوهَا فَقَالُوا وَأَيْنَ نَحْنُ
مِنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَدْ غُفِرَ لَهُ مَا
تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ وَمَا تَأَخَّرَ قَالَ أَحَدُهُمْ أَمَّا أَنَا فَإِنِّي
أُصَلِّي اللَّيْلَ أَبَدًا وَقَالَ آخَرُ أَنَا أَصُومُ الدَّهْرَ وَلَا أُفْطِرُ
وَقَالَ آخَرُ أَنَا أَعْتَزِلُ النِّسَاءَ فَلَا أَتَزَوَّجُ أَبَدًا فَجَاءَ
رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِلَيْهِمْ فَقَالَ أَنْتُمْ
الَّذِينَ قُلْتُمْ كَذَا وَكَذَا أَمَا وَاللَّهِ إِنِّي لَأَخْشَاكُمْ لِلَّهِ
وَأَتْقَاكُمْ لَهُ لَكِنِّي أَصُومُ وَأُفْطِرُ وَأُصَلِّي وَأَرْقُدُ
وَأَتَزَوَّجُ النِّسَاءَ فَمَنْ رَغِبَ عَنْ سُنَّتِي فَلَيْسَ مِنِّي[1]
2. Shahih Muslim
و حَدَّثَنِي
أَبُو بَكْرِ بْنُ نَافِعٍ الْعَبْدِيُّ حَدَّثَنَا بَهْزٌ حَدَّثَنَا حَمَّادُ
بْنُ سَلَمَةَ عَنْ ثَابِتٍ عَنْ أَنَسٍ
أَنَّ نَفَرًا
مِنْ أَصْحَابِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ سَأَلُوا أَزْوَاجَ
النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَنْ عَمَلِهِ فِي السِّرِّ فَقَالَ
بَعْضُهُمْ لَا أَتَزَوَّجُ النِّسَاءَ وَقَالَ بَعْضُهُمْ لَا آكُلُ اللَّحْمَ
وَقَالَ بَعْضُهُمْ لَا أَنَامُ عَلَى فِرَاشٍ فَحَمِدَ اللَّهَ وَأَثْنَى
عَلَيْهِ فَقَالَ مَا بَالُ أَقْوَامٍ قَالُوا كَذَا وَكَذَا لَكِنِّي أُصَلِّي
وَأَنَامُ وَأَصُومُ وَأُفْطِرُ وَأَتَزَوَّجُ النِّسَاءَ فَمَنْ رَغِبَ عَنْ
سُنَّتِي فَلَيْسَ مِنِّي[2]
3. Sunan Nasai
أَخْبَرَنَا إِسْحَقُ
بْنُ إِبْرَاهِيمَ قَالَ أَنْبَأَنَا عَفَّانُ قَالَ حَدَّثَنَا حَمَّادُ بْنُ
سَلَمَةَ عَنْ ثَابِتٍ عَنْ أَنَسٍ
أَنَّ نَفَرًا
مِنْ أَصْحَابِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ بَعْضُهُمْ
لَا أَتَزَوَّجُ النِّسَاءَ وَقَالَ بَعْضُهُمْ لَا آكُلُ اللَّحْمَ وَقَالَ
بَعْضُهُمْ لَا أَنَامُ عَلَى فِرَاشٍ وَقَالَ بَعْضُهُمْ أَصُومُ فَلَا أُفْطِرُ
فَبَلَغَ ذَلِكَ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَحَمِدَ
اللَّهَ وَأَثْنَى عَلَيْهِ ثُمَّ قَالَ مَا بَالُ أَقْوَامٍ يَقُولُونَ كَذَا
وَكَذَا لَكِنِّي أُصَلِّي وَأَنَامُ وَأَصُومُ وَأُفْطِرُ وَأَتَزَوَّجُ
النِّسَاءَ فَمَنْ رَغِبَ عَنْ سُنَّتِي فَلَيْسَ مِنِّي[3]
4. Sunan Addarimi
أَخْبَرَنَا
مُحَمَّدُ بْنُ يَزِيدَ الْحِزَامِىُّ حَدَّثَنَا يُونُسُ بْنُ بُكَيْرٍ قَالَ
حَدَّثَنِى ابْنُ إِسْحَاقَ قَالَ حَدَّثَنِى الزُّهْرِىُّ عَنْ سَعِيدِ بْنِ
الْمُسَيَّبِ عَنْ سَعْدِ بْنِ أَبِى وَقَّاصٍ قَالَ : لَمَّا كَانَ مِنْ أَمْرِ
عُثْمَانَ بْنِ مَظْعُونٍ الَّذِى كَانَ مِنْ تَرْكِ النِّسَاءِ بَعَثَ إِلَيْهِ
رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- فَقَالَ :« يَا عُثْمَانُ إِنِّى لَمْ
أُومَرْ بِالرَّهْبَانِيَّةِ ، أَرَغِبْتَ عَنْ سُنَّتِى؟ ». قَالَ : لاَ يَا
رَسُولَ اللَّهِ. قَالَ :« إِنَّ مِنْ سُنَّتِى أَنْ أُصَلِّىَ وَأَنَامَ ،
وَأَصُومَ وَأَطْعَمَ ، وَأَنْكِحَ وَأُطَلِّقَ ، فَمَنْ رَغِبَ عَنْ سُنَّتِى
فَلَيْسَ مِنِّى ، يَا عُثْمَانُ إِنَّ لأَهْلِكَ عَلَيْكَ حَقًّا وَلِعَيْنِكَ
عَلَيْكَ حَقًّا ». قَالَ سَعْدٌ : فَوَاللَّهِ لَقَدْ كَانَ أَجْمَعَ رِجَالٌ
مِنَ الْمُسْلِمِينَ عَلَى أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- إِنْ هُوَ
أَقَرَّ عُثْمَانَ عَلَى مَا هُوَ عَلَيْهِ أَنْ نَخْتَصِىَ فَنَتَبَتَّلَ[4]
5. Musnad Ahmad bin Hanbal
حَدَّثَنَا
مُؤَمَّلٌ حَدَّثَنَا حَمَّادٌ حَدَّثَنَا ثَابِتٌ عَنْ أَنَسٍ
أَنَّ نَفَرًا
مِنْ أَصْحَابِ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ
بَعْضُهُمْ لَا أَتَزَوَّجُ وَقَالَ بَعْضُهُمْ أُصَلِّي وَلَا أَنَامُ وَقَالَ
بَعْضُهُمْ أَصُومُ وَلَا أُفْطِرُ فَبَلَغَ ذَلِكَ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ
عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالَ مَا بَالُ أَقْوَامٍ قَالُوا كَذَا وَكَذَا لَكِنِّي
أَصُومُ وَأُفْطِرُ وَأُصَلِّي وَأَنَامُ وَأَتَزَوَّجُ النِّسَاءَ فَمَنْ رَغِبَ
عَنْ سُنَّتِي فَلَيْسَ مِنِّي[5]
.
C.
PelacakanMelaluiKitabRijal
Annasai[6]
الاسم : أحمد بن شعيب بن على بن سنان بن
بحر بن دينار ، أبو عبد الرحمن النسائى
( صاحب كتاب " السنن " )
المولد : 215 هـ بـ نساء
الطبقة : .
الوفاة : 303 هـ بـ فلسطين ، و قيل : مكة
روى له : .
رتبته عند ابن حجر : الحافظ صاحب السنن
رتبته عند الذهبي : . . . .
Guru
قال المزي في تهذيب الكمال :
سمع بخراسان ، و العراق ، و الحجاز ، و مصر ، و
الشام ، و الجزيرة من جماعة
يطول ذكرهم ، قد ذكرنا رواياته عنهم فى
تراجمهم من كتابنا هذا .
و روى القراءة عن أحمد بن نصر النيسابورى
المقرىء ، و أبى شعيب صالح بن زياد
السوسى .
Murid
إبراهيم بن إسحاق بن إبراهيم بن يعقوب
بن يوسف الإسكندرانى
أبو إسحاق إبراهيم بن محمد بن صالح بن
سنان القرشى الدمشقى
أبو العباس أبيض بن محمد بن الحارث بن
أبيض القرشى الفهرى المصرى
أحمد بن إبراهيم بن محمد بن أشهب بن عبد
العزيز القيسى العامرى
Ishaq bin Ibrahim[7]
الاسم : إسحاق بن إبراهيم بن مخلد بن
إبراهيم بن مطر الحنظلى ، أبو محمد و أبو يعقوب ، المعروف بابن راهويه المروزى (
نزيل نيسابور )
المولد : 166 هـ
الطبقة : 10 : كبارالآخذين عن تبع الأتباع ?
الوفاة : 238 هـ بـ نيسابور
روى له : خ م د ت س
( البخاري - مسلم - أبو داود - الترمذي - النسائي )
رتبته عند ابن حجر : ثقة حافظ مجتهد
رتبته عند الذهبي : الإمام ، عالم خراسان
Guru
عفان بن مسلم ( س )
على بن الحسين بن واقد ( بخ س )
أبى داود عمر بن سعد الحفرى ( م س )
عمر بن عبد الواحد الدمشقى ( س )
عمر بن عبيد الطنافسى ( س )
Murid
البخارى
مسلم
أبو داود
الترمذى
النسائى
Affan[8]
الاسم : عفان بن مسلم بن عبد الله
الباهلى ، أبو عثمان الصفار البصرى ، مولى عزرة بن ثابت الأنصارى ( سكن بغداد )
الطبقة : 10 : كبارالآخذين عن تبع الأتباع
الوفاة : بعد 219 هـ بـ بغداد
روى له : خ م د ت س ق
( البخاري - مسلم - أبو داود - الترمذي - النسائي - ابن ماجه )
رتبته عند ابن حجر : ثقة ثبت ، و ربما وهم ، قال ابن معين : أنكرناه
فى صفر سنة تسع عشرة
رتبته عند الذهبي : الحافظ ، و كان ثبت فى أحكام الجرح و التعديل
Murid
البخارى
إبراهيم بن إسحاق الحربى
إبراهيم بن الحسين بن ديزيل الهمذانى
الكسائى
إبراهيم بن مرزوق البصرى
إبراهيم بن يعقوب الجوزجانى ( س )
Guru
حماد بن سلمة ( م د ت س ق )
داود بن أبى الفرات ( خ )
ديلم بن غزوان ( ق )
سكين بن عبد العزيز ( د )
سليم بن حيان ( م )
Hammad bin
Salamah[9]
الاسم : حماد بن سلمة بن دينار البصرى ،
أبو سلمة بن أبى صخرة ، مولى ربيعة بن مالك بن حنظلة من بنى تميم ، و يقال مولى
قريش
الطبقة : 8 : من
الوسطى من أتباع التابعين
الوفاة : 167 هـ
روى له : خت م د ت س ق
( البخاري تعليقا - مسلم - أبو داود - الترمذي - النسائي - ابن ماجه )
رتبته عند ابن حجر : ثقة عابد أثبت الناس فى ثابت ، و تغير حفظه
بأخرة
رتبته عند الذهبي : الإمام ، أحد الأعلام ، . . . ، هو ثقة صدوق
يغلط و ليس فى قوة مالك
Murid
عفان بن مسلم ( م د ت س ق )
عمرو بن خالد الحرانى ( عخ )
عمرو بن عاصم الكلابى ( ت س ق )
عمرو بن مرزوق
العلاء بن عبد الجبار ( سى )
Guru
ثابت البنانى( خت م د ت س ق )
ثمامة بن عبد الله بن أنس بن مالك ( د س
)
جبر بن حبيب ( ق )
جبلة بن عطية ( س )
الجعد أبى عثمان
Tsabit[10]
الاسم : ثابت بن أسلم البنانى ، أبو
محمد البصرى
الطبقة : 4 :
طبقة تلى الوسطى من التابعين
الوفاة : 100 و بضع و عشرون هـ
روى له : خ م د ت س ق
( البخاري - مسلم - أبو داود - الترمذي - النسائي - ابن ماجه )
رتبته عند ابن حجر : ثقة عابد
رتبته عند الذهبي : كان رأسا فى العلم و العمل
Murid
حماد بن الجعد الهذلى
حماد بن زيد ( خ م د ت س ق )
حماد بن سلمة ( خت م د ت س ق )
حماد بن يحيى الأبح ( ت )
حميد الطويل ( خ م د ت س )
Guru
أنس بن مالك ( خ م د ت س ق )
بكر بن عبد الله المزنى ( ق )
الجارود بن أبى سبرة الهذلى ( ت )
حبيب بن أبى سبيعة الضبعى ( سى )
سليمان الهاشمى ( س ) ، مولى الحسن بن على بن أبى
طالب
Annas
bin Malik[11]
الاسم : أنس بن مالك بن النضر بن ضمضم
بن زيد بن حرام بن جندب بن عامر بن غنم بن عدى بن النجار الأنصارى النجارى ، أبو
حمزة المدنى
الطبقة : 1 : صحابى
الوفاة : 92 هـ و قيل 93 هـ
روى له : خ م د ت س ق
( البخاري - مسلم - أبو داود - الترمذي - النسائي - ابن ماجه )
رتبته عند ابن حجر : صحابى
رتبته عند الذهبي : صحابى
Guru
النبى صلى الله عليه وسلم ( خ م
د ت س ق )
أبى بن كعب ( خ س ق )
أسيد بن حضير ( خ م ت س )
جرير بن عبد الله البجلى ( خ م )
Murid
بكير بن وهب الجزرى ( س )
بلال بن مرداس الفزارى ( د ت ق )
بيان بن بشر أبو بشر الأحمسى ( خ ت س )
توبة العنبرى ( د )
ثابت البنانى ( خ م د ت س ق )
Annasai
رتبته عند ابن حجر : الحافظ صاحب السنن
رتبته عند الذهبي : . . . .
Ishaq bin
Ibrahim
رتبته عند ابن حجر : ثقة حافظ مجتهد
رتبته عند الذهبي : الإمام ، عالم خراسان
Affan
رتبته عند ابن حجر : ثقة ثبت ، و ربما وهم ، قال ابن معين : أنكرناه
فى صفر سنة تسع عشرة
رتبته عند الذهبي : الحافظ ، و كان ثبت فى أحكام الجرح و التعديل
Hammad
bin Salamah
رتبته عند ابن حجر : ثقة عابد أثبت الناس فى ثابت ، و تغير حفظه
بأخرة
رتبته عند الذهبي : الإمام ، أحد الأعلام ، . . . ، هو ثقة صدوق
يغلط و ليس فى قوة مالك
Tsabit
رتبته عند ابن حجر : ثقة عابد
رتبته عند الذهبي : كان رأسا فى العلم و العمل
Annas
bin Malik
رتبته عند ابن حجر : صحابى
رتبته عند الذهبي : صحابى
BerdasarkanpenilaianIbnuHajardanAzzahabitentangparaperawi, makabisadipastikansanaddarihadisinishahih.
D.
KritikMatn
Setelah dilakukan penelusuran matn dari beberapa kitab hadis yang memuat
hadis ini, maka ditemukan ada beberapa perbedaan redaksi antara satu ktab dan
kitab yang lainnya, yakni:
1. Bukhari
Diriwayatkan dari Annas bin Malik r.a. Tiga orang
laki-laki berkunjung kerumah istri-istri Nabi saw menanyakan bagaimana
(kualitas) Nabi saw dalam beribadah kepada Allah. Ketika mereka diberitahu akan
hal itu, mereka merasa ibadah yang selama ini mereka lakukan sangat tidak
memadai dan berkata, “begitu jauhnya kita dari Nabi saw yang dosa masa lampau
dan masa depannya telah diampuni Allah”. Lalu salas seorang dari mereka
berkata, “aku akan mengerjakan shalat sepanjang malam”, yang lain berkata, “aku
akan berpuasa sepanjang tahun”, dan yang lainnya lagi berkata “aku tidak akan
menikah seumur hidupku”, Rasulullah saw menemui mereka dan berkata, “apakah
kalian orang-orang yang berkata ini dan itu? Demi Allah aku lebih takut dan
tunduk kepada Allah daripada kalian. Tetapi aku berpuasa dan berbuka, shalat
dan tidur, dan menikahi perempuan. Maka, barang siapa yang membenci sunnahku,
maka ia tidak termasuk golonganku”[12]
2. Muslim
Bersumber dari Annas (bin Malik) r.a bahwa ada beberapa
orang sahabat Nabi saw bertanya kepada istri-istri Nabi saw mengenai apa yang
beliau lakukan secara diam-diam. Mendengar jawaban dari para istri beliau, maka
kemudian sebagian diantara mereka ada yang menyatakan, “(kalau begitu) saya
tidak akan menikah”, sebagian yang lain menyatakan “(kalau begitu) saya tidak
mau makan daging”, sebagian yang lain (lagi) menegaskan “(kalau begitu) saya
tidak akan tidur dengan memakai kasur”. Mendengar tiga pernyataan tersebut,
lalu Rasulullah memuji Allah dan menyanjung-Nya kemudian bersabda, “apa sih
maunya beberapa sahabat itu dengan beberapa pernyataan tadi? Sejatinya aku
disamping mengerjakan shalat (malam) juga tidur, disamping berpuasa aku juga
berbuka, dan aku juga kawin. Maka barangsiapa yang tidak suka dengan sunnahku,
maka dia tidak termasuk golonganku”[13]
3. Annasai
Dari Annas ra berkata: “diantara sahabat ada yang
berkata: “aku tidak akan menikah”, sebagian dari merek berkata: “aku tidak akan
makan daging”, dan ada pula yang berkata: “aku tidak mau tidur diatas tempat
tidur”, dan adapula yang berkata: “aku akan terus berpuasa dan tidak akan
berbuka”, maka ketika hal itu disampaikan kepada Rasulullah saw, beliau
mengawali khotbahnya dengan memanjatkan puji kepada Allah. Selanjutnya beliau
bersabda: “mengapa sebagian orang ada yang berkata begini dan begini?, sedangkan
aku sendiri disamping mengerjakan shalat aku juga tidur, disamping aku berpuasa
akupun berbuka dan menikahi wanita-wanita. Siapa yang tidak senang pada
sunnahku, maka bukanlah ia temasuk dalam golonganku”[14]
Dari beberapa terjemah diatas dapat dilihat bahwa ada
beberapa perbedaan baik dari susunan kata maupun redaksi yang digunakan para
perawi. Namun meskipun ada perbedaan susunan kata maupun redaksi, makna yang
terkandung didalamnya menunjukkan hal yang sama. Perbedaan lafaz dan susunan
kata yang diriwayatkan oleh beberapa perawi ini menunjukkan bahwa hadis ini
diriwayatkan berupa maknawi/substansi (isi kandungan) dari apa yang
diriwayatkan bukan berupa lafaz sehingga tidak mengapa terjadi perbedaan
redaksi.
Dilihat dari sisi sanad pun hadis ini dinilai shahih dan tidak bertentangan
dengan segala kriteria yang ditentukan oleh ktirik matn, sehingga hadis ini
bisa dinilai shahih dari segi sanad maupun matnnya.
E. Kesimpulan
Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh
penulis mengenai hadis فمن رغب عن سنتي فليس مني , penulis menyimpulkan bahwa sanad maupun matn
dari hadis ini shahih dan periwayatannya berupa maknawi.
DAFTAR PUSTAKA
Al
Syaibany,Ahmad bin Muhammad Ibn Hanbal, Musnad Ahmad bin Hanbal, (Darul
Fikr:Beirut, 1994), jilid 4
Albukhari, Abu
Abdullah Muhammad ibn Ismail ibn Ibrahim ibn Almughirah ibn Bardizbah Aljufi , Shahih
Bukhari, (Beirut:Darul Fikr, 1992) h.142 jilid 3
Annaisaburi,Abi
Alhusaini Muslim bin Hajjaj Alqusyairi,Shahih Muslim , (Beirut:Darul
Fikr, 1992), jilid 1
Annasai,Ahmad
bin Syuaib bin Ali bin Sinan bin Bahr bin Dinar Abu Abd Rahman, Sunan
Annasai, (Beirut:Darul Fikr,tth), jilid 2
Annasai,Imam Terjemah Sunan Annasai,
(Semarang:CV Asy Syifa, 1993)
Asqalani,Ahmad
ibn Ali ibnHajar,TahzibutTahzibjilid
1, (Beirut:DarulFiqr,
1995)
Asqalani,Ahmad
ibn Ali ibnHajar,TahzibutTahzibjilid
2,
(Beirut:DarulFiqr, 1995)
Asqalani,Ahmad
ibn Ali ibnHajar,TahzibutTahzibjilid
5,
(Beirut:DarulFiqr, 1995)
Azzabidi,Imam, Ringkasan Shahih Bukhari, (Bandung:Mizan,
1997)
ibn
Al Fadhl ibn Bahram Ibn Abdis Shamad,Abdurrahman ibn Abdirrahman,Sunan
Addarimi, (Beirut:Darul Fikr, tth), jilid 5-6
Nashiruddin Albani,Muhammad, Ringkasan Shahih Muslim, (Jakarta:Pustaka
Sunnah, 2009)
[1]Abu Abdullah Muhammad ibn Ismail ibn Ibrahim ibn Almughirah ibn Bardizbah
Aljufi Albukhari, Shahih Bukhari, (Beirut:Darul Fikr, 1992) h.142 jilid
3
[2]AbiAlhusaini
Muslim bin HajjajAlqusyairiAnnaisaburi, Shahih
Muslim , (Beirut:Darul Fikr,
1992), h. 639 jilid 1
[3]Ahmad bin Syuaib bin Ali bin Sinan bin Bahr bin Dinar Abu Abd Rahman
Annasai, Sunan Annasai, (Beirut:Darul Fikr,tth), h. 59-60 jilid 5-6
[4]Abdurrahman ibn Abdirrahman ibn Al Fadhl ibn Bahram Ibn Abdis Shamad, Sunan
Addarimi, (Beirut:Darul Fikr,tth ) h. 132 jilid 2
[5]Ahmad bin Muhammad Ibn Hanbal Al Syaibany, Musnad Ahmad bin Hanbal,
(Darul Fikr:Beirut, 1994), h. 481 jilid 4
[6] Ahmad ibn Ali ibnHajarAsqalani, TahzibutTahzibjilid 1,
(Beirut:DarulFiqr, 1995), h. 67
Ahmad ibn
Ali ibnHajarAsqalani, TaqributTahzibjilid 1 no. 51, (Beirut:DarulFiqr,
1995), h. 15
[7]Ahmad ibn Ali ibnHajarAsqalani, TahzibutTahzibjilid 1, h. 235
Ahmad ibn
Ali ibnHajarAsqalani, TaqributTahzibjilid 1 no. 358, h. 40
[8]Ahmad ibn Ali ibnHajarAsqalani, TahzibutTahzibjilid 5,(Beirut:DarulFiqr,
1995), h. 596
Ahmad ibn
Ali ibnHajarAsqalani, TaqributTahzibjilid 1 no. 4764, h. 404
[9]Ahmad ibn Ali ibnHajarAsqalani, TahzibutTahzibjilid 2, (Beirut:DarulFiqr,
1995), h. 423
Ahmad ibn
Ali ibnHajarAsqalani, TaqributTahzibjilid 1 no. 1558, h. 138
[10]Ahmad ibn Ali ibnHajarAsqalani, TahzibutTahzibjilid1, h. 546
Ahmad ibn
Ali ibnHajarAsqalani, TaqributTahzibjilid 1 no. 853, h. 80
[11] Ahmad ibn Ali ibnHajarAsqalani, TahzibutTahzibjilid 1, h. 390
Ahmad ibn
Ali ibnHajarAsqalani, TaqributTahzibjilid 1 no. 607, h. 60
[12]Imam Azzabidi, Ringkasan Shahih Bukhari,
(Bandung:Mizan, 1997), h. 783
[13]Muhammad Nashiruddin Albani, Ringkasan
Shahih Muslim, (Jakarta:Pustaka Sunnah, 2009), h. 510
[14]Imam
Annasai, Terjemah Sunan Annasai, (Semarang:CV Asy Syifa, 1993),
h. 448
yang meolah makalah monggo diamalkan ilmu.a. xixixiixix
BalasHapusshare sama yang udah ada rencana n udah bilang ama bokap kalo ada yg disuka,,, gkgkg
BalasHapus